PALANGKA RAYA — Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Sosialisasi Evaluasi Implementasi Budaya Kerja ASN BerAKHLAK di Aula Dinas setempat, Selasa (17/6/2025).
Sekretaris Diskominfosantik Kalteng, Tuty Sulistyowatie, dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga capaian yang telah diraih, termasuk keberhasilan instansi masuk dalam 10 besar perangkat daerah terbaik penerapan nilai-nilai BerAKHLAK tahun lalu.
“Kami menyadari bahwa terdapat kekurangan dalam penyampaian informasi secara teknis dari sekretariat. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan sinergi dan memastikan bahwa seluruh dokumen yang dibutuhkan dapat disiapkan dengan baik,” katanya.
Tuty mengingatkan pentingnya kerja sama, komitmen, serta dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan budaya kerja, sembari mendorong percepatan penyusunan dokumen pendukung yang diperlukan dalam evaluasi.
Kegiatan dilanjutkan dengan paparan Kepala Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja, Yosias.
Dalam pemaparannya, ia menyebutkan bahwa tahun ini evaluasi budaya kerja dilakukan lebih menyeluruh. Bila sebelumnya fokus di level individu, kini aspek organisasi juga menjadi prioritas.
la menyoroti bahwa saat ini Diskominfosantik baru memenuhi sebagian kecil dari 32 indikator penilaian yang ditetapkan.
“Oleh karena itu, perlu segera dilakukan pembenahan terutama dalam hal kelengkapan dokumen,” ujarnya.
Yosias turut mengapresiasi langkah instansi yang telah menampilkan logo dan slogan BerAKHLAK serta Bangga Melayani Bangsa di berbagai media komunikasi publik. Namun, ia menekankan pentingnya didukung dokumentasi yang lengkap.
“Seluruh bentuk internalisasi tersebut harus ditunjang dokumentasi pendukung berupa foto, video, maupun laporan kegiatan,” tambahnya.
la berharap seluruh bidang di lingkungan Diskominfosantik dapat segera menyusun data yang diperlukan agar capaian tahun lalu tidak tergeser oleh instansi lain yang kini berkompetisi lebih serius. (R1)